Bimacipta

Virtualisasi

 

Virtualisasi

Oleh: Budi Sukmawan




Virtualisasi saat ini kembali menjadi suatu produk yang populer, terutama dengan semakin banyaknya tipe prosesor dengan dengan inti majemuk (multi core) dan bahkan dalam beberapa tipe processor terakhir, virtualisasi telah didukung secara hardware, seperti Intel Vanderpool x86 virtualization dan AMD Pacifica x86 virtualization.

Beberapa software virtualisasi yang tersedia saat ini diantaranya :

  1. Microsoft Virtual PC 2007 (freeware) dari Microsoft, http://www.microsoft.com
  2. VirtualBox (freeware) dari InnoTek, http:// www.virtualbox.org
  3. VMware server (freeware), VMware Player (freeware), VMware Workstation (komersial) dari VMware http://www.vmware.com
  4. Yang lainnya seperti, QEMU, Bochs, Xen, dll.

Pada kesempatan ini penulis akan membandingakan secara sederhana performance tiga software virtualisasi : Microsoft Virtual PC 2007, VirtualBox 1.5 dan VMware Workstation 6.0 dengan menggunakan software Performance Test 6.1 dari Passmark. Ketiga program dijalankan pada komputer HP Compaq DC7100, Processor 3GHz, Memory 1GB, informasi CPU bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

 

 

Setting untuk masing-masing virtual machine adalah sebagai berikut :
 

Virtual PC OS Windows XP SP2, Memory 256, Harddisk 64GB, Video memory 8MB, Resolusi layar 1024x768, MS Virtual machine Additions.
VirtualBox OS Windows XP SP2, Memory 256, Harddisk 30GB, Video memory 16MB, Resolusi layar 1024x768, innotek VirtualBox Guest Additions 1.5.0.
VMware OS Windows XP SP2, Memory 256, Harddisk 2x10GB (C: & D:), Video memory 16MB, Resolusi layar 1024x768, VMware Tools for Windows build-45731.

Sebagai pembanding program Passmark juga dijalankan pada real machine di atas. Adapun hasilnya bisa dilihat di bawah ini :
 

 

 


Dari hasil di atas terlihat bahwa secara keseluruhan, performance dari VirtualBox lebih baik dari software virtualisasi lainnya. Walaupun demikian karena benchmark ini dilakukan dengan satu software benchmark saja sehingga tidak tertutup kemungkinan ada faktor-faktor lain yang tidak tercakup dalam benchmark ini yang menggambarkan secara lebih real, performance dari ketiga jenis software virtualisasi di atas.

Dari pengalaman penulis dalam menggunakan virtualisasi, tampaknya virtualisasi cukup memadai menjalankan production software. Saat ini penulis telah menginstall dan menjalankan virtual machine untuk sebuah software ERP yang berjalan pada Windows Server 2003 yang divirtualisasikan diatas Ubuntu Linux Server 6.10 menggunakan software VMware Server 1.0.3.

Untuk informasi lebih lanjut tentang virtualisasi dapat dilihat pada link di bawah ini :

  1. Pengenalan Virtualisasi, http://harry.sufehmi.com/archives/2006-07-29-1222/
  2. Virtualization, http://en.wikipedia.org/wiki/Virtualization
  3. An Introduction to Virtualization, http://www.kernelthread.com/publications/virtualization/
  4. Beberapa informasi tentang instalasi software virtualisasi di dalam Linux dapat dibaca di HowtoForge

 


© 2007 - Budi Sukmawan

v1.0: 11 September 2007


 

kodowanie html5 css, projektowanie stron internetowych , PSD2HTML, PSD HTML, proste strony www, cięcie PSD, tworzenie stron www, webdesign,