Bimacipta

Mencegah Flu

 

Cara unik menghindari flu





Melihat beberapa teman yang akhir-akhir ini terkena flu, saya jadi tergelitik untuk membagi pengalaman bagaimana cara saya untuk menghindari penyakit tersebut. Dulu saya juga sering sekali terkena flu terutama bila kehujanan, pada saat pergantian musim atau tertular dari teman atau saudara. Sudah tentu hal ini sangat menggangu aktifitas saya sehari-hari terutama saat bekerja. Untuk mencegahnya biasanya saya mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi (1000mg), tapi jarang sekali berhasil. Sampai suatu saat saya mendapat cara yang mungkin sedikit unik dan tidak biasa ini.

Ketika akan terkena flu biasanya saya mendapat gejala-gejala seperti sakit tenggorokan, badan meriang, linu pada persendian dan bersin-bersin. Pada suatu waktu saya secara tidak sengaja mendapati bahwa dengan mengunyah permen karet (chewing gum) cukup lama gejala-gejala tersebut akan hilang bahkan saya tidak jadi terkena flu sama sekali. Pada saat itu, bila merasakan gejala-gejala tersebut saya bisa mengunyah permen karet sampai berjam-jam bahkan seharian sehingga rahang terasa sakit, tapi saya tidak terlalu mempedulikannya asal tidak terkena penyakit itu. Sekarang ini saya paling hanya lima belas sampai setengah jam sehari mengunyah permen karet, seringnya pagi hari ketika berangkat kerja, tapi itu biasanya cukup untuk mencegah tidak terkena flu. Baru kalau saya merasa mendapat gejala-gejala akan terkena flu biasanya saya mengunyah lebih lama. Hingga sekarang ini sudah bertahun-tahun saya mempraktekan cara ini dan terbukti saya jarang sekali terkena flu, kalaupun terkena biasanya ringan-ringan saja. Cara ini saya kira hampir tidak ada efek samping yang merugikan sama sekali, walaupun ada juga yang merasa sakit kepala bila terlalu lama mengunyah permen karet.

Saya tidak mengerti mengapa dengan mengunyah permen karet bisa mencegah terkena flu, apa karena mengunyah meningkatkan daya tahan tubuh? Saya juga tidak terlalu jelas. Saya sudah coba juga Googling untuk mencari tahu apa hubungannya mengunyah permen karet dengan flu tapi sampai saat ini belum ada website yang saya temukan yang menunjukkan hubungan langsung antara kedua hal tersebut. Tapi dari beberapa website tentang cara-cara pencegahan flu secara alami yang saya temukan ada beberapa hal yang mungkin berhubungan secara tidak langsung, walaupun mungkin juga tidak terlalu meyakinkan, seperti ini:
 

  • “Relaks, Cobalah anda membiasakan relaks agar anda dapat mengaktifkan sistem kekebalan. Ada bukti kalau relaks akan membantu sistem kekebalan merespon terhadap virus flu”. Dari yang saya ketahui memang dengan mengunyah permen karet kita menjadi lebih relaks, mungkin ini yang menyebabkan mengunyah permen karet bisa meningkatkan sistem imun tubuh.
  • “Jaga kerongkongan agar tetap lembab”. Sudah tentu ketika mengunyah permen karet kelenjar-kelenjar di dalam mulut akan lebih aktif dan menghasilkan lebih banyak saliva, sehingga kerongkongan selalu lembab.

Ada satu lagi pernyataan yang cukup menarik : “Anda dapat mencegah flu dan pilek hanya dengan menguatkan sistem imun dengan cara alamiah, tanpa obat, ... begitu menurut Dr.Michael Grossman, M.D., dan Jodi Jones, dalam buku mereka, The Vitality Connection: Ten Practical Ways to Optimize Your Health and Reverse the Aging Process. Menurut Jones, tak ada pil ajaib untuk mencegah penyakit. Cara terbaik adalah menerapkan gaya hidup sehat. Sedang menurut Grossman, pertahanan terbaik terhadap virus musiman tersebut adalah dengan menguatkan sistem imun.”

Mungkin cara yang saya qunakan ini memang agak tidak biasa tapi yang jelas berhasil buat saya biarpun tidak selalu bisa mengatasi seratus persen tetapi sangat banyak menolong buat saya. Perlu juga diketahui, sebelum saya mengetahui cara ini, sudah lama sebelumnya saya sering mengunyah permen karet, tapi baru bertahun-tahun kemudian saya mengetahui bahwa cara ini bisa mencegah saya terkena flu. Jadi maksud saya, mungkin cara ini tidak bisa secara instant mencegah kita terkena flu tapi perlu proses untuk sampai bisa mengatasi penyakit tersebut. Dan saya juga tidak bisa menjamin cara ini akan berhasil buat anda, tapi mungkin saja ada yang mau coba-coba cara alternatif ini, siapa tahu bisa berhasil seperti saya. Tapi kalau ada yang menganggap cara ini mengada-ada dan menggelikan, ya tidak perlu ditanggapi, saya hanya sekedar bagi pengalaman saja mungkin ada gunanya.

 


(budskman [at] yahoo [dot] com)
 


 

kodowanie html5 css, projektowanie stron internetowych , PSD2HTML, PSD HTML, proste strony www, cięcie PSD, tworzenie stron www, webdesign,