Bimacipta

Japos

 

Mengekstrak file ZIP dari file-file Japos

Oleh: Budi Sukmawan


Japos, http://www.japos.com/ merupakan sebuah website di internet yang menyediakan program utility Windows sederhana yang dibuat dengan Delphi tapi tanpa menggunakan VCL, jadi program-program tersebut dibuat dengan menggunakan pemrograman API Windows. Anda dapat memperoleh source code Delphi dari utility-utility tersebut dengan membelinya seharga US$30 - US$40. Mungkin buat kebanyakan orang Indonesia uang dollar sebanyak itu agak berat juga. File-nya sendiri dapat anda download secara bebas tetapi untuk dapat membukanya anda harus memasukkan nomor registrasi yang anda beli.

Setelah saya perhatikan secara sekilas saya menduga file-file tersebut merupakan sebuah ZIP self extractor. Sebuah ZIP Self extractor pada umumnya mempunyai struktur sebagai berikut:

Program Self extractor
Header
File ZIP

Program Self extractor biasanya sebuah program dekompresor kecil yang akan mendekompres File ZIP. Header berisi beberapa informasi yang diperlukan oleh program Self extractor. Sedangkan File ZIP merupakan sebuah file zip standar yang ditempelkan bersama header di akhir program Self extractor.

Saya pada mulanya tidak percaya apakah begitu sederhananya proteksi dari file-file tersebut, yaitu hanya proteksi pada program Self extractor-nya dengan kode registrasi saja sementara data zip-nya sama sekali tidak terproteksi. Tapi saya mencobanya juga membuka file tersebut dengan Winhex 9.38. Mula-mula saya cari lokasi file ZIP yang ditandai dengan tanda ‘PK’ dari menu Search | Find Text, ada beberapa karakter ‘PK’ yang ditemukan tapi pada format zip tidak jauh dari tanda tersebut ada nama file. Ternyata saya menemukan lokasi awal file zip pada lokasi 9A00 heksa. Lalu saya sorot sampai akhir file kemudian saya pilih menu Edit | Copy Block | Into New File dan saya simpan pada file dengan ekstensi zip. Setelah itu saya coba buka dengan Winzip dan ternyata memang file tersebut file zip dan dapat dibuka kemudian diekstrak dengan lancar menjadi file normal.

Untuk mempermudah bila ada yang ingin mempelajari pemrograman Delphi dengan API Windows saya membuat sebuah program sederhana yang akan mengekstrak file zip dari file-file Japos. Program tersebut zipex.exe dapat anda download di sini, zipex.zip (5KB).

Belakangan saya menemukan cara lain yang lebih mudah, bila anda mempunyai Winzip (yang saya gunakan versi 8.0). Caranya: jalankan Windows Explorer bila Winzip ter-install maka ada menu Extract to… dan Open with Winzip pada context menu (klik kanan). Bila anda menyorot salah satu file Japos kemudian klik kanan dan memilih salah satu menu tersebut Winzip akan mengenali file tersebut sebagai self extractor dan Winzip akan secara otomatis dijalankan dan anda dapat mengekstraknya menjadi file normal. Cara lainnya jalankan Winzip lalu pilih menu File | Open Archive…, pada File of type di bawah  pilih Archives and exe files, pilih file Japos yang akan dibuka dan file-pun dapat anda dekompres dengan mudah.

File-file utiliti yang ada pada saat tulisan ini dibuat adalah sebagai berikut:

Japos Mouse Ruler

Japos Text Encryption

Japos File Encryption

Japos File CRC

Japos Compare File

Japos Merge File

Japos Tear File

Japos Mini Help

Kalau anda menemukan bahwa file-file tersebut sudah diproteksi dengan lebih baik karena pembuatnya sudah menyadari kesalahannya dan anda tidak dapat membuka dengan cara di atas, anda dapat menghubungi saya lewat email untuk mendapatkannya file-file di atas.


© 2000 Budi Sukmawan

20 Oktober 2000


 

kodowanie html5 css, projektowanie stron internetowych , PSD2HTML, PSD HTML, proste strony www, cięcie PSD, tworzenie stron www, webdesign,